Welcome to Warung Motivasi Blog

Selamat datang di Blog Warung Motivasi!

Warung Motivasi menyediakan menu-menu motivasi yang siap santap untuk membakar semangat kita sehari-hari. Walaupun
belum sempurna, semoga catatan kecil ini bisa menjadi teman perjalanan minum teh Anda.

Salam never give-up!
Final Prajnanta

Tuesday, October 14, 2008

The Power of Change

If you don't like something change it; if you can't change it, change the way you think about it.

~Mary Engelbreit


Pada tahun 1980-an alat komunikasi pribadi yang dianggap canggih adalah radio panggil (pager). Dengan berjalannya waktu dan kemajuan zaman, di tahun 1990-an muncul alat komunikasi yang lebih canggih yaitu telepon genggam (handphone). Maka sejak saat itu radio panggil sudah dianggap ketinggalan jaman dan mati dengan sendirinya. Di industri audio visual juga terjadi perubahan drastis dari jaman menonton film dengan kaset VHS atau Betamax berubah ke Laser disc, kemudian ke VCD dan saat ini ke DVD. Pelan tapi pasti DVD juga akan digantikan dengan penemuan-penemuan berikutnya.

Dulu orang biasa mendengarkan lagu dengan memutar piringan hitam atau kaset, maka perlahan kini tergantikan oleh CD bahkan teknologi sudah merambah ke MP3 dan MP4. Baru-baru ini pasangan artis papan atas kita Anang-Krisdayanti melaunching album religiusnya tanpa melalui jalur distribusi normal. Mereka menjual albumnya dengan cara mendownload lewat internet! Luar biasa bukan perubahannya?

Di akhir tahun 2004 ada perubahan mengejutkan di dunia industri komputer. IBM sang raksasa dari Amerika dibeli oleh Lenovo, perusahaan dari China! Pembelian ini khusus divisi personal computer. Lenovo yang hingga tahun 2004 tidak pernah terdengar di Indonesia, tiba-tiba mulai tahun 2005 gencar beriklan di sejumlah surat kabar dan majalah ternama.

Tidak sesuatu yang kekal di dunia ini, yang kekal adalah perubahan itu sendiri. Demikian pula dengan hidup. Hidup adalah perubahan, bayi lahir ke dunia, berubah menjadi balita, berubah ke masa anak-anak, masa remaja, masa dewasa hingga mati adalah proses perubahan. Pagi hari berganti siang, siang berganti malam, malam berganti pagi adalah contoh perubahan nyata sehari-hari. Dari panas tiba-tiba mendung dan berubah hujan adalah juga contoh perubahan yang biasa terjadi sehari-hari.

Setiap orang juga menginginkan perubahan, perubahan yang menguntungkan tentunya. Banyak orang ingin menjadi langsing, lebih kaya, ingin tampil lebih cantik, lebih pinter, lebih bahagia hidupnya, mempunyai karir yang cemerlang dan sebagainya. Adakah perubahan ke arah yang lebih baik yang anda inginkan? Jika kita mengalami kegemukan, maka penampilan kita menjadi kurang enak dipandang. Selain itu kegemukan menjadi rentan penyakit, mulai dari tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol, asam urat dan sebagainya. Berubah dari kegemukan menjadi langsing tentu dambaan semua orang. Namun tidak semua orang mau membayar ”harga”nya, artinya tidak semua orang mau menjalani prosesnya. Tidak semua orang mau berolahraga rutin seminggu 3 x juga untuk mempercepat pelangsingan. Tidak semua orang mau melakukan diet yang ketat. Banyak orang maunya jalan pintas dengan cara sedot lemak. Selain biayanya mahal, sedot lemak mengandung resiko kematian yang cukup tinggi jika tidak ditangani oleh dokter yang benar-benar ahli di bidang tersebut.

Jika kita pemalas, tidak pernah tepat waktu maka sekarang adalah saat yang tepat untuk melakukan perubahan. Bayangkan anda menjadi pribadi yang selalu tepat waktu dan rajin bekerja. Apa yang akan anda peroleh? Cap sebagai ”pemalas” akan dengan sendirinya luntur. Anda akan lebih disukai teman-teman, atasan dan bawahan juga akan lebih respek ke anda sekarang! Oleh karena itu apapaun perubahan yang akan kita lakukan harus kita lakukan sekarang juga meskipun terkadang kita mengalami kemalasan, ketidaknyamanan dalam proses perubahan itu sendiri. Victor Frankl pernah mengatakan bahwa “When we are no longer able to change a situation, we are challenged to change ourselves”. (Jika kita tidak bisa lagi mengubah situasi, maka kita akan ditantang untuk mengubah diri kita sendir). Ya benar! Kalau tidak dimulai dari kita dulu, siapa lagi bukan?

Keluar dari Zona Kenyamanan

Perubahan juga berarti melakukan sesuatu yang di luar kebiasaan secara terus-menerus. Dalam sisi pandang tertentu, perubahan diartikan sebagai keluar dari zona kenyamanan (comfort zone). Pada kasus merger dan akuisisi kepemilikan perusahaan seperti IBM menjadi Lenovo, Caltex menjadi Chevron, Aqua dari Golden Missisipi ke Danone, Nissan dari Nisan ke Renault ada perubahan yang terjadi dalam sisi pengambilan keputusan maupun organisasi secara menyeluruh. Seperti kasus perubahan yang terjadi pada perusahaan-perusahaan di atas tentu juga akan berimbas ke karyawannya. Ada karyawan yang sudah enak-enak duduk di perusahaan dalam waktu lama harus di-PHK karena ada yang lebih kompeten dibanding dirinya.


Jika anda seorang merokok dan memutuskan untuk hidup sehat maka berarti anda harus menghentikan kebiasaan merokok tersebut. Anda akan berubah dari zona nyaman (bebas merokok) ke zona tidak nyaman (berhenti merokok). Bagaimana caranya supaya perubahan ini tidak begitu menyiksa anda? Pikirkan bahaya yang ditimbulkan dari merokok. Perokok berat sangat mudah terkena hipertensi, sesak nafas dan kanker paru-paru. Bayangkan jika hal ini jika menimpa kita. Umur kita menjadi tidak panjang. Apakah kita sudah membahagiakan orang-orang yang kita cintai?

Tips Mengelola Perubahan


Kita tidak bisa menyetop atau menunda suatu perubahan. Yang bisa kita lakukan adalah menyikapi perubahan secara arif. Di bawah ini ada beberapa tips mengelola perubahan :

1) Meyakini bahwa perubahan harus terjadi
Tidak selamanya kita menjadi manusia yang selalu di atas atau selalu di bawah. Pada saat kita di atas maka kita harus waspada bahwa suatu ketika kita akan berada di bawah kembali.

2) Meyakini bahwa perubahan bisa terjadi sewaktu-waktu
Seorang juara dunia tinju akan mudah kehilangan gelar seandainya dia tidak mempersiapkan dirinya dengan baik. Petani yang meninggalkan sawahnya selama 2 minggu, bisa tercengang ketika mendapati sawahnya telah ludes diserang wereng.

3) Selalu mengusahakan adanya perubahan positif dalam diri
Kita menginginkan diri kita lebih sehat, lebih langsing, lebih cantik dan lebih maju dalam bisnis, karir dan rumahtangga. Kita bisa mendapatkannya asal kita mau membayar harganya. Kita harus mau keluar dari zona kenyamanan.

Perubahan yang harus kita lakukan haruslah perubahan menuju ke hal-hal yang positif dan bukan sebaliknya. Perubahan bisa terjadi di mana saja, kapan saja dan menimpa siapa saja, maka kita harus siap menghadapi perubahan tersebut. Jika kita tidak siap maka kita akan ditelan perubahan itu sendiri! Bagaimana menurut anda?



Salam never give-up!


2 comments:

Unknown said...

Dahsyat! Memotivasi... menginspirasi...

Semoga semakin banyak netter yang mampir ke "warung" penuh semangat ini. Dijamin keluar dari sini tambah energi.

Salam SDA!

Agus R.
http://agusriyanto.wordpress.com

One 4 Share said...

setuju banget om final pranata...
memang perubahan itu mutlak diperlukan untuk mengembangkan potensi diri yang kita miliki...
jadi ingat ni kata guru saya "YANG NYATA ITU PERUBAHAN"..

salam kenal ya om..
boleh ya saya copy postingannya di blog sasya,
http://segenggammotivasi.blogspot.com/

trimakasih om Final..


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger